Bagaimana Kedudukan Seorang Muslim dengan Muslim Lainnya?

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengajarkan bagaimana hubungan muslim yg satu dengan yang lainnya, sebagaimana hadits - hadits berikut ini:

1. Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘anhu mengatakan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Orang muslim adalah saudara bagi saudaranya yang lain, tidak berbuat zalim kepadanya dan tidak menghinakannya. Barang siapa peduli pada kebutuhan saudaranya, maka Alloh akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa menghilangkan kesusahan seorang muslim, maka Alloh akan menghilangkan kesusahannya pada hari kiamat kelak. Dan barang siapa menutup aib seorang muslim, maka Alloh akan menutup aibnya pada hari kiamat kelak. ( Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

2. Nu'man bin Basyir memberitahukan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaan orang muslim dalam cinta-mencintai, kasih mengasihi dan sayang menyayangi adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu anggotanya sakit, maka seluruh tubuhnya akan merasakan demam." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. Abu Musa Al-Asy'ari memberitahukan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Orang mu'min dengan orang mu'min laksana bangunan yang masing-masing bagian saling memperkuat."( Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi)

4. Dari Anas Radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tidaklah (sempurna) iman seseorang diantara kalian hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri". (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Padahal sesama muslim adalah saudara. Lalu,

SUDAHKAH KITA BERBUAT UNTUK SAUDARA KITA DI PALESTINA ?



download pdf file

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.