rubrik info medik buletin asy-syifa' bulan agustus 2011

Keajaiban Shalat (INFOMEDIK)

Banyak sekali kebaikan yang dapat kita ambil dari ajaran-ajaran Islam, baik oleh muslim maupun non muslim. Shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan shalat merupakan kewajiban pertama setelah keimanan kepada Allah SWT. Tidak ada alasan bagi kaum muslimin untuk meninggalkan kewajiban shalat.

Shalat ternyata dapat menyehatkan tubuh. Tahukah kamu bahwa masing-masing gerakan dalam sholat ada manfaatnya? Jika dilihat dari sudut pandang ilmiah shalat merupakan gudang obat bagi berbagai jenis penyakit. Mari kita simak setiap gerakan dalam ibadah shalat berikut ini:

Berdiri tegak, ber-takbiratul ihram, lalu mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga atau bahu dan melipatnya di depan dada bagian bawah. Gerakan seperti ini malancarkan darah, getah bening (limfa) dan kekuatan otot lengan, posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu merenggang sehingga aliran darah kaya akan oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian.

Ruku' dalam posisi yang sempurna ditandai dengan tulang belakang yang lurus. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang, postur ini bermanfaat menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dari pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah, tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat. Dari Thalqi bin Ali ra, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah: Allah tidak akan melihat seseorang hamba yang tidak meluruskan tulang belakangnya di antara sujud dan ruku’nya.” Diriwayatkan oleh Ahmad IV: 22, Thabrani dalam Al Kabir dan Dhiya’ Al-Muqaddasi dalam Al mukhtarah II:34 dengan sanad yang shahih.

I'tidal, yakni posisi bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga atau bahu. I'tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud, gerak berdiri bungkuk, berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud, yakni posisi menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaatnya aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, sehingga dapat memacu kecerdasan. Karena itu lakukanlah sujud dengan tuma'ninah. Jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir, khusus bagi wanita.

Duduk, terdapat dua macam, yaitu iftirasy pada tahiyat awal dan tawarruk pada tahiyat akhir. Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya, saat duduk iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf (nervus) ischiadus. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabnya penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ke uretra, kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferen. Jika dilakukan dengan benar, postur ini mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut merenggang dan relaks kembali.

Salam, yakni gerakan memutar kepala ke kanan dan kekiri secara maksimal. Manfaatnya adalah relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah dikepala, gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Subhanallah, ajaran Islam memang selalu berbuah kebaikan. Selain bisa mendapat pahala, juga baik untuk kesehatan. Wallahu’alam bish showab.

Lukman Hakim Saktiawan, 2007. Keajaiban Shalat Menurut Ilmu Kesehatan Cina. Mizan : Bandung

www.permiip.multiply.com/reviews/item/2/Kiat Sehat Ala Rasulullah/Badan Koordinasi Dakwah Islam

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.