rubrik salam maru buletin asy syifa bulan agustus 2011

Bienvenue, ahlan wa sahlan MARU FK UNS 2011

Assalamu’alaikum Wr. Wb .. Alhamdulillah, senang rasanya bisa menyapa adik-adik mahasiswa baru yang datang di kampus hijau tercinta kita ini. Sebelumnya kakak mau ngucapin selamat dulu yak, akhirnya perjuangan yang selama ini kalian lakukan berakhir ditambatan FK UNS tercinta kita. Oya, adik-adik jangan lupa bersyukur lhoo karena semua yang adik-adik dapatkan sekarang ini datangnya dari Allah SWT dan gampang aja bagi Allah untuk mengambil apa yang telah adik punya dalam sekejap.

Mungkin adik-adik bertanya-tanya siapa sih kami?? Kami adalah kakak-kakak yang ternaung di bawah satu panji perjuangan yaitu SKI FK, when intellectuality meets morality. Lalu apa sih SKI itu?? SKI mempunyai kepanjangan Sentra Kegiatan Islam dengan semboyan AKU BISA!. Kita bersama-sama menjadi mahasiswa yang tidak hanya sibuk akan urusan dunia, tapi juga berbenah menyiapkan kehidupan yang lebih mulia. amiiinn….

SKI FK… AKU BISA !

Allah in my Heart

Knowledge is my power

Unfightable

Be positive

Impressive

Success oriented

Action !

SKI bergerak di bidang pengkaderan dan keagamaan khusus orang Islam. Namun jangan salah, rahmah nya SKI pun kadang bisa di rasakan oleh orang-orang non Islam lhoo…. J

Next, lanjut ke Seputar FK

Selamat bergabung dengan fakultas luar biasa. Fakultas yang kelak diharapkan bisa “menyehatkan” bangsa yang sedang “sakit” ini. Yap.. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta J.

Fakultas kedokteran memiliki 2 jurusan Strata 1 dan 3 jurusan Diploma. Jurusan S1 yaitu Pendidikan Dokter dan Psikologi, sedangkan di program studi diploma ada Kebidanan, Hyperkes, dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Untuk Mahasiswa Baru 2011, perlu diketahui bahwa system kuliah kita saat ini memakai sistem KBK – Problem Based Learning. Jadi kita belajar melalui kasus-kasus yang kemudian musti dicari dasar-dasarnya dan juga asesori-asesori dari kasus tersebut. Berbeda dengan sistem konvensional yang belajar tak bersistem sebagus KBK, KBK kali ini mempunyai banyak sekali keuntungan namun tak dipungkiri ada sedikit kekurangan dalam proses pembelajarannya. Keuntungannya, kita bisa dapatkan materi yang terintegrasi dan dipadukan dengan skill sejak awal, trus nilai kita tu minimal B. tuchh enak kan. Namun ada juga ruginya. Kerugiannya belajarnya kadang ngebut dan nggak terarah. Bayangin aja materi segitu banyak harus kelahap dalam waktu 3 minggu efektif.

KBK.. apaan itu?? KBK mempunyai 5 grand design sistem perkuliahannya.

ð Skills lab

Model yang satu ini akan membuat kita berasa dokter beneran. Soalnya, pas skills lab kita diajarin skill-skillnya dokter, kaya tensi, bebat, bidai, nyuntik, periksa thorax dan banyak deh. Pokoknya kompetensi sebagai dokter klinik di ajarkan di sini. Hati-hati, ada ujiannya juga lhoo diakhir semester.

ð Field lab

Nah, kalo yang satu ini merupakan ajang refreshing. Bayangin aja mahasiswa kedokteran harus nguprek di praktikum ma kuliah mulu. Bosen kan?? Hehe. Selain emang kita dituntut untuk mampu mengaplikasikan ilmu kita langsung, mahasiswa FK biasanya menjadikan field lab ini menjadi ajang perekat kebersamaan kelompok tutorial. Hihihihihi. Intinya field lab ini asik deh karena kita bisa main-main di puskesmas.

ð Praktikum

Di fakultas Kedokteran, hampir semua jurusan dan prodi menemui banyak banget praktikum. Mulai dari praktikum Biologi, Fisika, Biomedik, Parasitologi, Histologi, Mikrobiologi, Anatomi, dan banyak lagi. Setiap lab punya karakter, cara main, dan peraturan sendiri-sendiri. So, liat aja deh kejutannya. J

ð Kuliah

Sepinter-pinternya kita diskusi, mbaca sendiri, ada saatnya juga kita butuh penjelasan dari pakar. Mumet karena sumber yang dibaca kelewat berat, mungkin kita butuh cerita-cerita n tambahan-tambahan pengetahuan dari pakar. So, jangan sampe deh anak FK bolos kuliah. Kuliah itu penting lhooo..

ð Tutorial

Tutorial adalah forum diskusi yang membahas kasus kasus yang disediakan oleh tim PBL. Tutorial rutin tiap minggu 2 kali, dimana setiap kasus akan diselesaikan dalam rentang waktu satu minggu. Biasa nya satu kelompok tutorial banyaknya berkisar antara 8-12 mahasiswa. Kasus yang dimunculkan biasanya kasus yang sesuai dengan Blok nya. Sebelum tutorial kita diharuskan membaca materi dan menyerap ilmu sebanyak banyak nya biar kita bisa cuap-cuap dengan argumentasi yang jelas waktu tutorial.

Berat???? Jangan ditanya dek, kuliah di kedokteran tu beraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat buanget (kalo nggak ikhlas n nggak seneng J). Kita kasih tips deh dek biar enjoy kuliah di kedokteran. Nich, tips-tips buat mahasiswa baru:

1. Bangunlah diri dengan motivasi kesyukuran. Syukur merupakan sumber motivasi untuk jadi lebih baik. Jika konsep syukur sudah tertanam kuat, maka akan timbul perasaan untuk selalu mengusahakan yang terbaik.

2. Bawalah diri ke hal-hal yang positif. Nah, apa sih hal-hal yang positif itu?? Tiap-tipa orang mempunyai pandangan tersendiri tentang hal yang positif. Sering-sering baca buku, main-main ke perpus FK atau ikut segala macam seminar yang mendukung kita dan lebih membuka cakrawala pikiran kita.

3. Jadilah mahasiswa aktif. Hindari deh rutinitas kantin-kost. Ikutilah organisasi karena organisasi dapat membuka cakrawala berpikir, membuka relasi, melatih kemandirian, melatih teamwork dan masih banyak lagi hal-hal positif yang dapat kita raih dengan organisasi asalkan kita melakukannya dengan penuh kesungguhan.

4. Manajemen waktu. Harus pinter-pinter ngatur waktu. Sempatkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas di sela-sela aktivitas kita yang padat. Hindari memakai “system kebut semalam”. Oyya anak FK jangan sampe bolos yah, kalo dah mulai bolos sekali ntar rugiiii banget cuz biasanya ujian dari dosen itu lebih banyak keluar dari apa yang beliau-beliau sampaikan.

5. Pertahankan motivasi berprestasi. Untuk meraih prestasi harus ditanamkan motivasi dan keyakinan diri yang kuat agar setiap masalah yang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik sehingga kesungguhan kita untuk kuliah benar-benar bisa tercapai.

6. Imbangi dengan penguatan ruhiyah. Yuk, sering-sering ikut kajian atau baca buku Islami dan jangan lupa berdoa. Banyak sekali kajian – kajian yang ada ketika hari-hari aktif telah berjalan. Tinggal niatan kita bagaimana?? J

7. Lingkungan yang mendukung. Pilih teman yang baik, kos yang kondusif dan ikutilah organisasi dan UKM yang bisa menjaga adik-adik selalu dalam ridho-Nya.

8. Take action…. Cuz life is not just a theory but life is an action. . .

Ganbatte dek, jangan menjadi gajah yang kelihatannya besar namun hanya suka duduk di atas keempat kakinya. Namun jadilah kunang-kunang yang walau kecil namun semangatnya untuk terus mempertahankan kerlip apinya di tengah

kegelapan malam yang pekat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.