RESUME KAKAP 28 April 2011 Roja’ dan Khauf oleh Ust. Hafidz

Resume Kakap 28 April 2011

Roja’ dan Khauf

oleh Ust. Hafidz

Raja’ artinya pengharapan. Salah satu penopang dalam ibadah. Sedangkan khauf adalah rasa takut terhadap ancaman Allah, berupa siksa Allah, neraka Jahnnam, dsb. Khauf serupa maknanya dengan khosyah walaupun sebenarnya ia memiliki makna yang lebih umum daripada khosyah. Perlu dibedakan antara khauf dengan khosyah. Khosyah= Takut kepada Allah karena sudah paham terhadap sesuatu , sudah ma’rifatullah.

Bagaimana kedudukan antara khauf dan Roja’??

Perlu keseimbangan antara rasa takut dan pengaharapan itu sendiri. Orang yang memiliki rasa khauf yang tipis maka ia akan cenderung untuk menggampangkan segala perbuatan maksiat. Sedangkan orang yang memiliki rasa khauf yang terlampau tinggi maka ia akan menjadi mudah berputus asa. Jadi harus seimbang.

Iman, Amal dan Hati ibarat sebuah kebun dan segala isinya

Hati: ibarat kebun yang akan kita Tanami

Amal perbuatan: ibarat apa apa saja yang kita lakukan di dalam kebun itu.

Iman: ibarat pupuk untuk kebun itu

Iman, Hijrah dan Jihad meruupakan poros dari ibadah, tanda kebahagiaan diketahui dari 3 parameter ini. Firman Allah dalam QS. 2:218. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Iman: kita sudah tahu

Hijrah: meninggalkan kenikmatan yang sudah Allah berikan dalam rangka menegakkan kalimatullah, membela agama Allah,

Jihad: Pengorbana yang paling tinggi dengan jiwa harta. Jihad merupakan puncak amal, melebihi ibadah shoum, zakat, dsb. Namun dalam berjihad ada aturan aturan yang membatasinya. Tidak seperti terorisme yang melampaui batas.

Dengan amalan amalan itu, kita mempunyai pengharapan akan magfiroh Allah: ampunan dan kasih sayang Allah…


download versi pdf :

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.