rubrik info medik buletin asy syifa bulan september


Sehat dengan Secercah Senyuman

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, senyum adalah gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit.

Senyum juga menggambarkan jiwa dan kepribadian seseorang. Tapi senyum juga sering berarti rasa tak senang, dalam hal ini dapat dikatakan senyum itu adalah senyum sinis. Semua orang hanya menyukai senyum yang datang dari rasa kebahagiaan atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat dia tersenyum.

Senyum dapat memancarkan ikatan kasih sayang sehingga tercipta ta’liful qulb (hubungan hati). Ikatan hati yang bukan sekadar diikat oleh sesuatu yang bersifat materi, tetapi oleh iman dan Islam. Senyuman sebagai bukti Anda menghargai, menyayangi, dan mencintai saudara Anda. Maka tersenyumlah.

Dalam beberapa Hadist pun terdapat pparan terkait fadhillah tersenyum, seperti hadist berikut:

”Tersenyum ketika bertemu saudara kalian adalah ibadah.” (HR Imam Trumudzi, Ibn Hibban & Al-Baihaqi).

”Sesungguhnya Allah membenci orang-orang yang bermuka masam dihadapan saudara-saudaranya.” (HR Ad-Dailamy).

Senyum merupakan salah satu instrumen di dalam berdakwah. Rasulullah saw dapat menjadi berhasil salah satunya karena pengaruh senyum Beliau. Pada zaman Rasulullah saw pada suatu ketika terdapat seorang Badui yang menarik sorban Beliau hingga tercekik dan tarikan sorban itu meninggalkan bekas pada leher Rasulullah karena ia meminta sesuatu dari Beliau. Orang badui ini berpikir, pasti setelah ia melakukan hal tersebut, Rasulullah akan marah. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya, ia terkesima menatap Rasulullah yang tidak marah atas perlakuannya yang sangat kasar, tatapi justru Rasul tersenyum dengan ikhlas kepadanya. Akhirnya, senyum ikhlas Rasulullah, membawa orang Badui ini menikmati indahnya Islam.

Setelah berbagai penjelasan mengenai senyum, marilah sekarang kita mencoba untuk mengetahui manfaat senyum bagi tubuh kita. Dari segi kesehatan, senyum juga memiliki peran yang penting untuk ikut menjaga kebugaran tubuh. Banyak penelitian yang menyatakan beberapa hal seperti di bawah ini:

Senyum mengeluarkan Endorphin dan Serotonin.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran Endorphin dan Serotonin. Endorphin adalah pereda rasa sakit secara alami, sedangkan Serotonin adalah hormon yang mengendalikan mood seseorang.

Senyum menurunkan tekanan darah anda

Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun dengan sendirinya. Bukankah anda sering menjumpai orang yang gampang marah-marah memiliki tekanan darah tinggi? Karena marah berlawanan kutub dengan senyum.

Senyum membuat awet muda

Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh

Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.

Begitu banyak manfaat senyum bagi kesehatan kita tanpa kita sadari. Semoga dengan makin banyak senyum yang kita berikan kepada saudara kita tidak hanya menjalin ukhuwah yang baik namun juga mendapatkan menfaat yang begitu besar terutama badi kesehatan kita. Semoga bermanfaat dan marilah mulai tersenyum meski hanya satu kali dalam satu hari.

http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/05/29/tips-sehat-manfaat-senyum-secara-psikologis-dan-kesehatan/
http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=69377
http://rahadianagushamdani.wordpress.com/2009/10/14/senyum-sebagai-sedekah-dan-manfaatnya/
http://tanbihun.com/bebas/di-balik-sebuah-senyum/

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.