Rahasia Kebugaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

Rahasia Kebugaran Rasulullah

Rasululah adalah uswatun hasanah, dengan demikian beliau adalah teladan yang baik. Rasulullah adalah teladan yang secara holistik memang baik, sehingga layak diidolakan oleh umat Islam. Dari aspek kepribadian, kecerdasan, terlindung dari dosa (maksum) hingga secara fisik beliau kuat dan bugar. Tercatat rasulullah hanya pernah sakit sebanyak dua kali yaitu saat terkena sihir dan ketika menjelang beliau wafat.

Berbagai jenis terapi kuratif apalagi yang spesifik terapi kausatif tentu saja belum banyak macamnya dan belum secanggih pengobatan modern masa kini. Kesehatan dan kebugaran yang beliau miliki dikarenakan lifestyle beliau yang memang menyehatkan. Sehingga apa-apa yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah dan dengan seizin Alloh telah menjadi terapi preventif yang ampuh dan sesuai fitrah. Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati?

2 komponen baik ruhiyah maupun jasmaniyah yang baik menjadi profil sehat Rasulullah saw. Ruhiyah yang mana akan berimbas dengan kondisi psikis seseorang bisa juga berimbas ke kondisi raga manusia. Begitu juga sebaliknya kondisi jasmani yang baik atau buruk juga dapat mempengaruhi kondisi raga lalu juga psikis manusia. Semua secara holistik dan komprehensif tidak bisa dipisah-pisah. Oleh karena itu sekarang sedang bergaungnya teori psikoneuroimunologi dan psikoneuroendokrinologi yang mana memadukan konsep sehat dan sakit dari 2 komponen tersebut yaitu jasmaniyah dan rohaniyah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.