Meluruskan niat dalam berilmu

1. Tiga orang yang menjadi pondasi masyarakat di dunia, namun di akhirat paling cepat diadili Allah karena dosa mereka, yaitu :

a. Orang alim (orang yang berilmu)
Diberi ilmu pengetahuan, lalu diajarkan kepada orang lain, namun digunakan untuk medapatkan gelar “KAMU ADALAH ORANG ALIM“

b. Orang mujahid (orang yang berjihad/berperang di jalan Allah)
Diberi keberanian dan kekuatan untuk berjihad, lalu ia berjihad, namun dilakukan untuk mendapatkan gelar “KAMU ADALAH ORANG BERANI“

c. Orang dermawan
Diberi kelebihan harta, lalu didermakan, namun digunakan untuk mendapatkan gelar “KAMU ADALAH ORANG DERMAWAN“

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan, bahwa segala amal perbuatan harus dilandasi dengan keikhlasan dalam beramal. Tanpa adanya keikhlasan, hancurlah semua kebaikan yang ada pada amal tersebut. So, harus ikhlas dalam beramal!!!

2. Cara pandang ahlus sunnah wal jamaah dalam berilmu :

a. Mencela kebodohan dan mengagungkan ilmu
b. Iklas dalam mencari kebenaran/ ilmu
c. Haram berbicara tentang sesuatu hal tanpa didasari ilmu
d. Bersandar pada hujjah yang benar

3. Ada hadits yang berbunyi :

“Barangsiapa yang dalam hidupnya tidak pernah berkeinginan untuk bejihad di jalan Allah, lalu ia meninggal, maka ia meninggal pada cabang kemunafikan.”(Al Hadits)

keterangan :

a. Jihad di sini hanya bisa diartikan dengan BERPERANG. Tidak ada makna lain selain makna tersebut. Namun, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek yang dapat menunjang perang tersebut, seperti fisik, finansial, kekuatan musuh, kelengkapan persenjataan, dll.

b. Sifat munafik seperti yang disebutkan dalam hadits di atas tidaklah sampai membuat seseorang keluar dri keimanannya (munafik asghar).

4. Pemikiran orang-orang liberal sekarang sudah tidak dapat terbendung, misal :

a. Orang liberal mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah sama dengan Lia Eden. Mereka mengatakan bahwa adalah sama antara dakwah Nabi Muhammad SAW dan Lia Eden, yaitu dakwahnya sama-sama asing pada awalnya. Namun dakwah Nabi lama kelamaan juga diterima. Sehingga beranggapan begitu juga dengan Lia Eden. Sehingga Lia Eden=Nabi Muhammad SAW.=Nabiyullah. Apakah sama????

b. Orang lliberal sedang gencar-gencarnya menggodog rencana aturan pelarangan nikah sirri, yaitu dengan menjatuhi hukuman penjara bagi orang yang melakukan nikah cara tersebut. Sedangkan kita tahu, bahwa hari ini zina dan kumpul kebo dibiarkan menjamur di masyarakat. Aneh bukan???
download pdf file
download audio file

0 komentar:

Poskan Komentar

Tafadhol antum / antunna mengkomentari posting di atas. Syukron.